Langsung ke konten utama

UBAH DIRIMU DAN DUNIAMU




UBAH DIRIMU DAN DUNIAMU

Melinda Rahail
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Everything is possible.

Yah, tidak ada yang mustahil jika anda selalu mengutamakan Tuhan dalam hidup anda
Namun, jikalau tanpa berusaha. Maka, bisa dianggap belum sempurna

Seperti pepatah Latin, ORA ET LA BORA. Berdoa dan bekerja
Berdoa saja tidak cukup, anda juga harus bekerja, berusaha mencapai apa yang anda impikan. Demikian pun bekerja, jika anda tidak berdoa maka segala yang anda dapat terasa hampa, tak ada artinya. Kedamaian dan ketenangan batin akan sulit untuk diperoleh

So, what should you do?

Ubah cara berpikir anda dahalu. Pikirkan hal-hal baik dan yakinkan diri anda kalau itu MUNGKIN. Maksud saya, anda bisa melakukan apa yang anda pikirkan itu. Seperti, baik dalam financial, bisa ke luar negeri atau bekerja di perusahaan besar,  segala hal yang anda mau itu bisa jadi kenyataan
Seperti yang dikatakan oleh ka Aswar Saputra dalam bukunya yang berjudul CHANGE YOUR MIND, Law of Attraction Expert with EFT, yakni  “kata-kata adalah energi yang bersayap”. Maka, berhati-hatilah dengan apa yang anda katakan dan pikirkan karena itu bisa terjadi pada diri anda.  Selain itu, dalam hidup anda, anda bisa menarik hal yang anda sukai dan yang tak anda sukai. (Untuk penjelasan lebih lengkap bisa anda baca di buku ka Aswar Saputra- CHANGE YOUR MIND, Law of Attraction Expert with EFT).

Jika dalam pekerjaan atau kuliah ada yang lebih unggul dari anda, yah sudah. Tak apa, semua orang punya potensi masing-masing. Mungkin dia memang menguasai bidang itu.  anda jangan minder dan segala sesuatu yang hendak anda lakukan harus berpatok pada si dia. “Percayalah pada kemampuan anda sendiri” itu kata mas Tatung, dosen saya. Bukankah setiap orang punya talenta dan kelebihannya sendiri-sendiri? Dan ada lagi, jangan suka membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain. Jika anda yang sering dipuji, jangan suka membandingkan diri anda dengan orang yang jarang dipuji. Namun, jika anda jarang dipuji jangan rendahkan diri anda dan men-just diri bahwa anda tak ada apa-apa. Hilangkan pola pikir seperti itu dan segeralah “move on” dan ”move up”, itu kata pa Mario Teguh



Baik, berikut ini beberapa tips bagi anda untuk mengubah diri dan duniamu

1.    Kenali diri sendiri
Cobalah gali potensi dan bakat yang terpendam dalam diri anda, jika anda masih belum menemukannya cobalah untuk memulai hal-hal baru yang barangkali menarik minat anda seperti menulis, menyanyi, menciptakan lagu atau menguasai satu bahasa. Dan kuasai bidang anda (kuliah yang anda pilih atau pekerjaan anda). Serta, berusaha untuk mengetahui sikap, cara berbicara, cara berpikir anda sendiri (sudah baik dan sopankah?). Dan cobalah untuk kontrol sikap anda, agar anda merasa nyaman dengan apa yang anda lakukan.

2.    Menjadi diri sendiri
Be your self!.
Jangan pernah mencoba untuk jadi orang lain karena, mereka disukai oleh banyak orang.
Berhentilah menyiksa diri sendiri. Tetaplah jadi dirimu sendiri, jika menurutmu ada sikap yang harus anda ubah untuk kebaikan anda sendiri (seperti suka berbicara ceplas ceplos) maka tatalah kembali sikap dengan selalu mengontrol kata-kata yang hendak diucapkan.
Anda pasti memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh orang lain. Buatlah orang banyak mengenal anda seperti @yoris : kreativitas setiap bicara, @mrshananto : pembicara mengenai financial planning serta @radityadika : cerita lucu.
Semua orang berhak mendapat yang terbaik dan anda bahkan bisa menjadi lebih baik dari yang diidolakan banyak orang.


Why not?.

Kalau anda butuh something more maka saya saran anda untuk mendengarkan lagunya Selena Gomez yang berjudul Who says, kata-katanya positif dan alunan musiknya yang santai membuat saya betah mendengar lagu itu berulang-ulang kali. Semoga andapun demikian

3.    Hargai diri sendiri
§Selalu bersyukur pada Tuhan, bukan hanya atas hal baik yang anda dapatkan tapi juga pada hal yang tidak menyenangkan bahkan yang membuat anda menangis
§Selalu berpikir positif tentang diri anda dan keadaan/lingkungan disekitar anda
§Optimis dalam melakukan sesuatu
§Jangan mudah mengeluh
§Menjaga kebersihan ruangan anda (baik kamar tidur maupun ruang kerja), dan berpakaianlah yang rapi
§Cobalah untuk memerima kelebihan orang lain dan memberi pujian (bukan berarti tidak mampu), karena jika ada sikap iri maka anda nyata-nyata tidak peduli dengan diri anda yakni dengan mengundang energi negatif ke dalam diri anda
§Tekun melakukan sesuatu yang sudah pasti mendukung karir anda
§Selalu tersenyum pada diri anda sendiri dan orang lain. Jangan pelit senyummu.
Senyum untuk diri sendiri seperti saat anda berkaca, tersenyumlah dan kalau perlu berceritalah. Ini bukan berarti saya mengajak anda untuk bersikap gila, namun “kadangkala hal tersebut pun dibutuhkan manusia”. Dan ada seorang dosen saya pun yang mengatakan demikian
§Fokus pada tujuan anda (membahagiakan keluarga, prestasi yang ingin diraih)
§Jangan pedulikan sindiran, hinaan atau sikap tak diperhatikan orang lain

4.    Berbuatlah baik pada orang lain tanpa mengharapkan balasan
Itulah yang disebut iklas, bahkan ucapan terima kasih yang adalah balasan ter-simple pun jangan anda harapkan. Jika anda mengharapkannya dan orang itu tidak membalasnya maka anda akan kecewa. Dan jangan pula berharap supaya orang lain menceritakan perbuatan baik anda kepada banyak orang Lakukan saja dengan tulus dan senang hati, maka yang akan anda dapatkan adalah rasa nyaman dan senang. Tapi jangan pernah melakukannya dengan terpaksa, karena anda akan merasa tak nyaman. Selain itu, dengan berbuat baik kepada orang lain secara iklas seperti membantu orang lain anda sekalian mengasah empati anda, yakni turut merasakan apa yang mereka rasakan



5.    Jangan menginterupsi orang lain
Setiap orang berhak untuk berbicara, namun pasti sangat menjengkelkan kalau pendapatnya tidak bisa diutarakannya dengan sempurna dan jelas karena diinterupsi/dipotong orang lain. Bukankah begitu?
Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik bagi orang lain. Tidak berarti anda harus menjadi seorang psikolog dahulu baru melakukan hal tersebut. Semua orang dapat melakukan hal tersebut. Hal yang harus anda lakukan adalah tetap mengontrol diri sendiri, namun jika anda sudah terlanjut melakukannya maka segeralah menghentikannya.



6.    Komitmen
Tetaplah berpegang teguh pada filosofi, tekad dan tujuan anda, janganlah mudah dipengaruhi orang lain atau mudah mengubah apa yang telah menjadi keputusan anda karena orang lain akan mudah menggagap remeh orang yang tidak berkomitmen. Susunlah dahalu rencana anda matang-matang supaya anda tidak akan berpikir untuk mengubahnya
.


7.    Berhenti menggosip
Gossip hanya akan membuat kita berada pada lingkaran negatif kehidupan, lebih baik urus diri sendiri dan berhenti terlalu menyalahkan atau membicarakan kesalahan yang dilakukan oleh orang lain. Toh, tak ada yang sempurna. Dan saat menggossip seseorang, biasanya apa yang kita bahas itu terjadi pada diri sendiri. Percaya  atau tidak ini nyata.


8.    Bertanggung jawab

“Segala hal yang kita lakukan ada resikonya” kata ibu Arundati Shinta, dosen saya. Ya, benar dan akibatnya adalah tanggung jawab kita. Yakni, mempertanggung jawabkan hal tersebut dan tidak lari darinya. Bukan hanya itu, bertanggung jawab juga atas tugas yang diberikan oleh atasan atau dosen kita dengan menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jika kita melakukan hal tersebut maka kita akan dipercayai oleh atasan kita dan mereka akan mudah menyerahkan tugas-tugas penting untuk anda tangani, karena mereka bisa saja lebih mendahulukan karyawan yang tekun, setia, disiplin dan berprinsip (on time). Karena, kemampuan tanpa disiplin, prinsip (selalu on time kumpul tugas), dan kesetiaan adalah mubasir.



9.    Belajar mengendalikan emosi
Emosi adalah gambaran atas apa yang kita rasakan. Memang mustahil untuk memusnahkan emosi namun, pengendalian emosi sangat penting, khususnya ketika kita marah. Jika ada ketidak seimbangan hormon di tubuh kita maka akan memunculkan ketegangan psikis. Lagi pula, coba pikir “APA GUNANYA MARAH?
Nothing, isn’t?. itu hanya akan membuat adanya kerenggangan hubungan kita dengan orang yang kita marahi dan kita hanya akan menarik kekuatan negatif ke dalam diri kita.
Jikalau ada yang mengkritik anda atas apa yang anda lakukan, terimalah saja. Jangan sekali-kali marah atau membentak mereka. Menerima kritikan bukan berarti lemah dan tidak tahu namun sikap yang mau menerima kritik (baik) dapat membuat seseorang menjadi lebih baik. Selain itu, kitapun dapat memperoleh hal baru yakni kita akan lebih mengenal diri kita sendiri melalui cara pandang orang lain.


10. Ramah dan carilah banyak teman
Sikap ramah membuat orang lain merasa betah dan senang saat bertemu kita. Sikap ramah inipun bisa membuat kita bisa memperoleh banyak teman. Bukankah banyak teman itu menyenangkan? Saat kita kemana-mana ada orang yang bisa kita sapa dan akan ada orangpun yang menyapa kita. Keren bukan? So, jangan pernah ragu untuk memulai pertemanan dengan seseorang. Khususnya teman yang selalu berpikir positif, energik dan sopan. Karena, sikap kitapun bisa dipengaruhi olehnya.

Selain itu, teman juga bisa membantu kita saat  susah dan untuk info lebih lanjut mengenai keuntungan memiliki banyak teman bisa anda baca di artikel Shinta, A. (2012). Psikotes & keberuntungan dalam berburu pekerjaan.
(jangan lupa yah untuk dibaca, anda akan menyesal kalau tidak membacanya J)


Jika sikap dan cara berpikir anda telah diubah menjadi positif maka sebenarnya anda sudah mengubah dunia anda, anda telah membuka pintu keberhasilan masa datang.
So sobat, jangan pernah takut untuk mengubahnya. Buat itu POSSIBLE bukan IMPOSSIBLE.

WISH YOU ALL THE BEST
GOD BLESS US


Daftar pustaka

Aswar Saputra.2013. Change Your Mind. Yogyakarta : Second Hope
Fitria Zelvis.2013.Trik Mudah Menaklukan Orang-Orang di Sekitar Anda. Yogyakarta : Cermelang Publishing
Saleem Hardja Sumarna.2014.Kepribadian Super. Yogyakarta : Galmas Pubhisher

Suhardono, R. (2014). Earn more, enjoy more, how? Kompas Klasika, 15 Maret, hal 35

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas Di jaman modern ini, pergaulan bebas semakin digandrungi oleh sebagian besar para remaja dan pelajar Indonesia,miris memang tapi apa itu pergaulan bebas dan bagaimana cara menghindari pergaulan bebas? berikut penjalasannya bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ) :) https://tulismenulis.com/wp-content/uploads/2014/12/RANJAU-PERGAULAN-BEBAS-300x300.jpg           

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z   https://www.youthmanual.com/assets/file_uploaded/blog/1501392971-generasi.png Hai bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ).. Hari ini tentang generasi x, y dan z Artikel ini adalah tugas ku, mata kuliah modifikasi perilaku.. Semoga bermanfaat Oiyah, buat kalian yang belum tau apa itu modifikasi perilaku, ini penjelasannya Modifikasi Perilaku   adalah tindakan yang bertujuan untuk mengubah perilaku, atau upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip psikologi hasil eksperimen (Bootzin).

Apa itu Prokrastinasi?

Hai kawan-kawan, apakabar? Semoga sehat selalu ya :) Hari ini saya mau membahas tentang prokrastinasi, apa itu prokrastinasi?