Langsung ke konten utama

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z

Hari ini tentang generasi x, y dan z
Artikel ini adalah tugas ku, mata kuliah modifikasi perilaku..
Semoga bermanfaat
Oiyah, buat kalian yang belum tau apa itu modifikasi perilaku, ini penjelasannya
Modifikasi Perilaku  adalah tindakan yang bertujuan untuk mengubah perilaku, atau upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip psikologi hasil eksperimen (Bootzin).


 1. Generasi X (lahir tahun 1965-1980)
Tahun-tahun ketika generasi ini lahir merupakan awal dari penggunaan PC (personal computer), video games, tv kabel, dan internet. Penyimpanan data nya pun menggunakan floopy disk atau disket. MTV dan video games sangat digemari masa ini. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Jane Deverson, sebagian dari generasi ini memiliki tingkah laku negatif seperti tidak hormat pada orang tua, mulai mengenal musik punk, dan mencoba menggunakan ganja.
Memiliki karakter yang mampu beradaptasi, mampu menerima perubahan dengan baik dan disebut sebagai generasi yang tangguh, memiliki karakter mandiri dan loyal (setia) dan tipe pekerja keras.


2. Generasi Y (lahir tahun 1981-1994)
Dikenal dengan sebutan generasi millenial atau milenium. Ungkapan generasi Y mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada Agustus 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instan messaging dan media sosial seperti facebook dan twitter. Mereka juga suka main game online.
Memiliki karakteristik pola komunikasi yang terbuka, pemakai media sosial yang fanatik dan kehidupannya sangat terpengaruh dengan perkembangan teknologi, lebih terbuka dengan pandangan politik dan ekonomi, sehingga mereka terlihat sangat reaktif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi di sekelilingnya, serta memiliki perhatian yang lebih terhadap kekayaan.

3. Generasi Z (lahir tahun 1995-2010)
Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet. Mereka memiliki kesamaan dengan generasi Y, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset. Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya.
Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka.
A. Fasih Teknologi. 
Mereka adalah “generasi digital” yang mahir dan gandrung akan teknologi informasi dan berbagai aplikasi komputer. Mereka dapat mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan secara mudah dan cepat, baik untuk kepentingan pendidikan maupun kepentingan hidup kesehariannya.
B. Sosial. 
Mereka sangat intens berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua kalangan, khususnya dengan teman sebaya melalui berbagai situs jejaring, seperti: FaceBook, twitter, atau melalui SMS. Melalui media ini, mereka bisa mengekspresikan apa yang dirasakan dan dipikirkannya secara spontan. Mereka juga cenderung toleran dengan perbedaan kultur dan sangat peduli dengan lingkungan.
C. Multitasking. 
Mereka terbiasa dengan berbagai aktivitas dalam satu waktu yang bersamaan. Mereka bisa membaca, berbicara, menonton, atau mendengarkan musik dalam waktu yang bersamaan. Mereka menginginkan segala sesuatunya dapat dilakukan dan berjalan serba cepat. Mereka tidak menginginkan hal-hal yang bertele-tele dan berbelit-belit.
D. Cenderung berkurang dalam komunikasi secara verbal, cenderung bersikap egosentris dan individualis, cenderung menginginkan hasil yang serba cepat, serba-instan, dan serba-mudah, tidak sabaran, dan tidak menghargai proses

sumber




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas Di jaman modern ini, pergaulan bebas semakin digandrungi oleh sebagian besar para remaja dan pelajar Indonesia,miris memang tapi apa itu pergaulan bebas dan bagaimana cara menghindari pergaulan bebas? berikut penjalasannya bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ) :) https://tulismenulis.com/wp-content/uploads/2014/12/RANJAU-PERGAULAN-BEBAS-300x300.jpg           

Apa itu Prokrastinasi?

Hai kawan-kawan, apakabar? Semoga sehat selalu ya :) Hari ini saya mau membahas tentang prokrastinasi, apa itu prokrastinasi?