Langsung ke konten utama

BUKAN PILIHANKU (MENCINTAI YANG DIJALANI)

BUKAN PILIHANKU
(MENCINTAI YANG DIJALANI)

Melinda Rahail
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Ok-kali ini yang akan saya bahas bukan mengenai perjodohan, tetapi mengenai kuliah dan pekerjaan yang sedang (atau akan) dijalani. Ada yang memilih untuk kuliah atau bekerja sesuai dengan keinginannya sendiri, namun ada yang mengikuti saran orang tuanya. Entah karena bersikap patuh pada orang tua atau karena belum menentukan pilihannya sendiri. Atau bisa juga anda memilih untuk kuliah atau bekerja sesuai dengan yang saudaranya (sepupu).

Sebenarnya, lebih menyenangkan kalau kita menjalani sesuatu yang kita minati. Lebih terasa nyaman, adem, dan dalam kondisi apapun kita akan tetap bersemangat mengikuti kuliah atau bekerja walaupun teman kuliah atau kantor bersikap tidak menyenangkan (seperti suka sindir). Tapi, masalahnya adalah kalau kita belum menentukan atau masih ragu dengan berbagai pilihan. Atau kita masih belum menemukan keunggulan sebenarnya dari diri kita. Atau bisa juga kita sudah menemukannya tapi kita terus disudutkan oleh orang keluarga (orang tua atau saudara kandung) dengan pertanyaan ‘’apa kamu yakin?”, ”apa kamu mampu?”. Seakan-akan mereka tak mempercayai usaha kita selama sekolah, jatuh bangun kita, keringat dan waktu.

Tapi apa yang bisa dilakukan, biarkan saja. Memang tak mudah menelan utuh-utuh kenyataan yang tak menyenangkan. Tapi, anda tak usah khawatir “Tidak ada yang kebetulan” kata ibu Shinta, dosen saya. Apa yang anda jalani sekarang bukan kebetulan semata, pasti ada sesuatu yang harus anda tahu atau yang akan anda ketahui dan bisa jadi hal tersebut akan menujang kehidupan anda.

Terlepas dari berbagai alasan seseorang memilih jurusan kuliah atau pekerjaan, yang terpenting adalah ia sudah menjalaninya. Dan ia harus MENCINTAINYA



Yeah, Love it!

Memang mudah diucapkan tapi tak usah khawatir, Tuhan ada dipihak anda. Dan biar saja omelan dan sindiran orang lain terus mengelilingi anda. Bersyukurlah, karena dengan hal tersebut anda bisa belajar menjadi orang yang lebih sabar, tabah dan dewasa.

Memang benar jikalau tidak semua orang bisa merasakan posisi anda, namun “Bercerminlah”, lihat dirimu. Masih banyak orang di luar sana yang menginginkan hidup anda, hidup seperti anda. Mengapa anda harus mengutamakan hal-hal yang hanya menganggu konsentrasi anda dan membuat anda menangis tiap malam?


Lupakan hal jelek itu dan fokus saja pada apa yang anda jalani. “Anjing menggonggong, kavila berlalu” , mereka tidaklah penting. Bukankah emas itu harus melalui proses pembakaran dahulu? Andalah emas itu dan inilah saatnya. Anda ditantang untuk menghadapi kenyataan yang sedang anda jalani. Tetap percaya pada Tuhan, serahkan semua keluh, kesahmu pada- Nya, jika saatnya tiba anda akan tersenyum lebar oleh karena sentuhan kasih-Nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas Di jaman modern ini, pergaulan bebas semakin digandrungi oleh sebagian besar para remaja dan pelajar Indonesia,miris memang tapi apa itu pergaulan bebas dan bagaimana cara menghindari pergaulan bebas? berikut penjalasannya bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ) :) https://tulismenulis.com/wp-content/uploads/2014/12/RANJAU-PERGAULAN-BEBAS-300x300.jpg           

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z   https://www.youthmanual.com/assets/file_uploaded/blog/1501392971-generasi.png Hai bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ).. Hari ini tentang generasi x, y dan z Artikel ini adalah tugas ku, mata kuliah modifikasi perilaku.. Semoga bermanfaat Oiyah, buat kalian yang belum tau apa itu modifikasi perilaku, ini penjelasannya Modifikasi Perilaku   adalah tindakan yang bertujuan untuk mengubah perilaku, atau upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip psikologi hasil eksperimen (Bootzin).

Apa itu Prokrastinasi?

Hai kawan-kawan, apakabar? Semoga sehat selalu ya :) Hari ini saya mau membahas tentang prokrastinasi, apa itu prokrastinasi?