Langsung ke konten utama

Bersahabat dengan Vampir

Bersahabat dengan Vampir

Melinda Rahail
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Baiklah, bagaimana pendapat anda dengan kata “VAMPIR”?. Barangkali, anda membayangkan makluk yang gigi taringnya tajam dan panjang serta makanannya adalah darah manusia. Mereka yang selalu keluar malam hari (kalau mereka keluar siang hari maka mereka bisa mati karena terbakar sinar matahari), bisa mengubah diri menjadi kelelawar dan tinggal di tempat gelap atau bahkan di dalam peti. Seperti yang di film-film (vampire) itu kan??

Eithh, jangan salah paham dulu. Yang saya maksud disini adalah XP (Xeroderma Pigmentosum), yang artinya adalah gangguan resesif autosomal, gangguan genetik (kondisi bawaan) dari perbaikan DNA di mana terjadi penurunan kemampuan kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh  sinar ultraviolet (UV), dan menyebabkan perubahan pada kulit yakni terbakarnya kulit akibat sinar matahari, kulit kering dan cenderung mengakibatkan tumor kulit serta kerusakan (kulit). XP terjadi karena terjadinya pernikahan antara 2 orang yang memiliki hubungan kekeluargaan yang dekat (dari satu keturunan yang sama)

Tanda-tanda xeroderma pigmentosum sering muncul pada masa bayi atau anak usia dini. Banyak anak yang terkena xp mengalami kulit yang terbakar parah setelah berada hanya beberapa menit di bawah sinar matahari. Sengatan matahari tersebut menyebabkan kemerahan pada area mata dan kulit, selain itu hal tersebut dapat berlangsung selama berminggu-minggu. 


Orang dengan xeroderma pigmentosum memiliki risiko sangat meningkat
mengembangkan kanker kulit.
Kebanyakan orang dengan xeroderma pigmentosum mengembangkan beberapa jenis kanker kulit selama hidup mereka. Kanker ini paling sering terjadi pada wajah, bibir, dan kelopak mata. Kanker juga dapat mengembangkan pada kulit kepala, di mata, dan di ujung lidah.
Studi menunjukkan bahwa orang dengan xeroderma pigmentosum juga mungkin memiliki peningkatan risiko kanker jenis lain, termasuk tumor otak. Selain itu, individu yang terkena yang merokok memiliki peningkatan risiko yang signifikan dari kanker paru-paru.
Mata orang dengan xeroderma pigmentosum mungkin menyakitkan sensitif terhadap sinar UV dari matahari. Jika mata tidak terlindung dari sinar matahari, mereka dapat menjadi merah dan iritasi, dan tudung depan jelas mata (kornea) dapat menjadi berawan. Pada beberapa orang, bulu mata rontok dan kelopak mata mungkin tipis dan berubah normal ke dalam atau ke luar. Selain peningkatan risiko
kanker mata, xeroderma pigmentosum dikaitkan dengan pertumbuhan non-kanker pada mata. Banyak kelainan mata ini bisa mengganggu penglihatan.

Xeroderma pigmentosum memang jarang ditemukan, namun ada di seluruh dunia. XP bisa diderita oleh jenis kelamin pria dan wanita serta pada semua kelompok etnis/ras, ada sekitar 1 dari 1 juta orang di Amerika Serikat dan Eropa yang didiagnosis terkena XP. Selain itu, beberapa negara seperti di Jepang, Afrika Utara, dan Timur Tengah didiagnosis memiliki tingkat XP yang lebih tinggi.


Resensi film XP:



·         Dalam film independen Dark Side of the Sun (1988) dimana Brad Pitt sebagai tokoh utama yang menderita XP.
·         Di tahun 2001 Film The Others , dua anak, Anne dan Nicholas, yang menderita XP.
·         Pada tahun 2006, drama Jepang "Taiyou no uta" (A Song to the Sun) yang berpusat pada seorang gadis dengan XP yang bermimpi menjadi seorang penyanyi.
·         Pada tahun 2006, film Jerman yang berjudul Mondscheinkinder (Children of the Moonlight) tentang Lisa yang menciptakan dunia fantasi untuk kakaknya, Paul yang memiliki XP yang tidak bisa meninggalkan rumah. 
·         Film Spanyol " Eskalofrío " atau "Shiver" yang dirilis pada tahun 2008  dan menampilkan tokoh utama bernama Santi yang dikucilkan karena ia menderita XP.
·         Pada tahun 2011, Film La izin de minuit oleh sutradara Perancis Delphine Gleize berpusat pada seorang anak remaja dengan XP.
·         Film dokumenter pada 2012 "Sun Kissed" yang menceritakan tentang XP yang diderita oleh anak-anak Navajo

Dan masih banyak lagi, silahkan teman-teman cari di internet karena hanya ini saja yang bisa saya bagikan. Dan dari daftar di atas tersebut, film yang sudah saya nonton adalah Taiyou no uta yang diperankan oleh Yiu.

Lagunya bagus pula, jadi teman-teman bisa menambah pengetahuan dan menikmati lagunya JJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas Di jaman modern ini, pergaulan bebas semakin digandrungi oleh sebagian besar para remaja dan pelajar Indonesia,miris memang tapi apa itu pergaulan bebas dan bagaimana cara menghindari pergaulan bebas? berikut penjalasannya bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ) :) https://tulismenulis.com/wp-content/uploads/2014/12/RANJAU-PERGAULAN-BEBAS-300x300.jpg           

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z   https://www.youthmanual.com/assets/file_uploaded/blog/1501392971-generasi.png Hai bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ).. Hari ini tentang generasi x, y dan z Artikel ini adalah tugas ku, mata kuliah modifikasi perilaku.. Semoga bermanfaat Oiyah, buat kalian yang belum tau apa itu modifikasi perilaku, ini penjelasannya Modifikasi Perilaku   adalah tindakan yang bertujuan untuk mengubah perilaku, atau upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip psikologi hasil eksperimen (Bootzin).

Apa itu Prokrastinasi?

Hai kawan-kawan, apakabar? Semoga sehat selalu ya :) Hari ini saya mau membahas tentang prokrastinasi, apa itu prokrastinasi?