Langsung ke konten utama

Apa itu Cinta

Apa itu Cinta
 
A.      Pengertian Cinta

Cinta adalah suka memandang seorang lawan jenis pada saat pandangan pertama, lalu terjadilah getar  cinta di hati dan di hatilah tumbuh cinta itu (Sholihin, 2010).
Cinta adalah perasaan suka pada seorang lawan jenis karena ada rasa tertarik pada pribadinya, dan diawali dari senang melihat wajahnya pada saat pandangan pertama (Ninda, 2010). Artinya cinta direspon karena situasi sosial atau situasi lingkungan yang dianggap menyenangkan karena yang dilihat indah dipandang.
Abraham Maslow mengemukakan bahwa, cinta merupakan kasih sayang dan rasa terikat (to belong). Rasa saling menyayangi dan terikat satu sama lain, antara individu satu dengan individu lainnya. Maslow mengatakan bahwa kita semua membutuhkan rasa diingini dan diterima oleh orang lain. Tanpa ikatan ini, kita akan kesepian.
Menurut Erich Fromm dalam bukunya The Art of loving, Erich Fromm (1983) ,menyatakan bahwa cinta sebagai alat untuk mengatasi keterpisahan manusia,sebagai pemenuhan kerinduan akan kesatuan.
Menurut Ashley Montagu, cinta adalah perasaan memperhatikan , menyukai, menyayangi secara mendalam yang disertai rasa rindu serta hasrat kepada seseorang atau objek- objek tertentu.
Jadi dapat disimpulkan bahwa cinta adalah perasaan suka kepada lawan jenis, rasa kasih sayang, penerimaan dan kerinduan kepada seseorang atau objek tertentu.

B.      Bagaimana seseorang jatuh cinta
Penyebab seseorang jatuh cinta itu bermacam-macam, berikut saya rangkum dari pengalaman saya dan teman-teman terdekat saya
!  Pandangan
Tak dapat dipungkiri jika jatuh cinta itu berawal suatu pertemuan yang tak disengaja (bagi yang belum pernah bertemu sebelumnya) kemudian tumbuhlah ketertarikan padanya (penampilan maupun sifat, seperti ramah) atau suatu hal khusus pada lawan jenis (misalnya kagum karena prestasinya atau kelebihannya)
!  Sering bertemu
Seperti pepatah Jawa Witing Tresno Jalaran Soko Kulino (cinta tumbuh karena terbiasa), karena sering bertemu maka seseorang dapat lebih mengenal pribadi lawan jenisnya seperti sifat, pembawaan dan lainnya. Kemudian tumbuhlah rasa nyaman, cocok dan akhirya jatuh cinta
!  Kesamaan
Salah satu hal yang menyebabkan seseorang jatuh cinta adalah adanya kesamaan akan kesukaan terhadap suatu hal, misalnya suka nonton film, suka diving, hiking¸  dan lain-lain. Karena ada kesamaan tersebut timbullah rasa nyaman dan akhirnya saling suka
!  Karateristik idaman
Setiap orang pasti karateristik idaman pasangan yang diharapankannya. Bisa jadi si doi memiliki sebagian besar sikap yang masuk karateristik idaman kita, maka lama-lama kita pasti akan jatuh cinta
!  Punya kesamaan dengan orang terdekat
Orang terdekat adalah mereka yang menghabiskan waktu paling banyak dengan kita, bahkan kita akan merasa risih dan tak nyaman jika jauh dari mereka. Nah, ketika kita bertemu dengan seseorang yang memiliki kesamaan dengan orang terdekat kita, seperti wajah, sikap, cara berpakaian maka bisa jadi timbul rasa suka. Kita akan luluh pada orang tersebut dan mau membuka hati. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas Di jaman modern ini, pergaulan bebas semakin digandrungi oleh sebagian besar para remaja dan pelajar Indonesia,miris memang tapi apa itu pergaulan bebas dan bagaimana cara menghindari pergaulan bebas? berikut penjalasannya bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ) :) https://tulismenulis.com/wp-content/uploads/2014/12/RANJAU-PERGAULAN-BEBAS-300x300.jpg           

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z

Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z   https://www.youthmanual.com/assets/file_uploaded/blog/1501392971-generasi.png Hai bai ( http://melindarahail.blogspot.co.id/2018/01/bai.html ).. Hari ini tentang generasi x, y dan z Artikel ini adalah tugas ku, mata kuliah modifikasi perilaku.. Semoga bermanfaat Oiyah, buat kalian yang belum tau apa itu modifikasi perilaku, ini penjelasannya Modifikasi Perilaku   adalah tindakan yang bertujuan untuk mengubah perilaku, atau upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip psikologi hasil eksperimen (Bootzin).

Apa itu Prokrastinasi?

Hai kawan-kawan, apakabar? Semoga sehat selalu ya :) Hari ini saya mau membahas tentang prokrastinasi, apa itu prokrastinasi?